bahaya menonton tv terus menerus

Kita biasanya tidak terlalu ambil pusing dengan masalah sepele ini, seperti menonton TV yang dapat mempengaruhi kesehatan kita. Dan menonton TV memang sangat mengasikkan sehingga sebagian orang betah berlama-lama di depan televisi. Berikut ini adalah beberapa risiko mempengaruhi kesehatan kita:

1. Risiko penyakit jantung
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuan Australia, orang-orang yang menonton TV selama lebih dari empat jam memiliki risiko 80% peningkatan penyakit kardiovaskular (gangguan penyebab penyakit jantung). Tubuh kita perlu bergerak untuk berfungsi dengan baik dan jika jangka waktu yang lama di depan TV akan mengurangi pergerakan pada setiap harinya yang tentu melemahkan jantung, karena kurangnya pergerakan atau kegiatan yang membutuhkan gerak.

2. Risiko gangguan tidur
Biasanya, cahaya yang dipancarkan TV dapat merangsang tubuh manusia. Namun, dapat mengurangi jumlah melatonin yang biasanya dalam jumlah besar di malam hari. Semua ini dapat mempengaruhi ritme tubuh dan dapat menyebabkan gangguan tidur. Seperti yang kita ketahui, kurang tidur memiliki pengaruh serius pada kesehatan kita. Selain itu, rendahnya tingkat melatonin berhubungan dengan pubertas dini pada anak perempuan.

3. Risiko diabetes
Pada tahun 2003 yang lalu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menyatakan bahwa menonton TV selama dua jam meningkatkan risiko diabetes. Menurut penelitian risiko ini dikaitkan dengan ngemil sementara tetap di depan layar dan aktivitas fisik terus berkurang.

4. Peningkatan keteganan mata
Kita semua telah mengalami peningkatan ketegangan mata ketika kita menonton TV selama berjam-jam atau menggunakan komputer. Ketegangan ini akan semakin kuat terutama ketika Anda menonton TV di ruangan gelap.

Televisi adalah penemuan modern yang kita gunakan setiap hari. Namun kita sob, harus tetap mengetahui bahaya di balik kenikmatan menonton TV yang kita lakukan terus menerus selama berjam-jam tanpa pergerakan. Untuk itulah kita harus bisa mengontrol diri kita dalam menggunakan barang yang bernama TV ini sobat.

Iklan
By Ssandykurniawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s